Rabu, 18 Desember 2013

Silabus dan RPP Konkeb



SILABUS

Nama Institusi                                    : STIKes Rumah Sakit Haji Medan
Mata Kuliah                                       : Konsep Kebidanan
Kode Mata kuliah                              : Bd. 401
Beban Studi                                       : 4 SKS ( T:2, P:2 )
Semester                                             : I ( Satu )
Standar Kompetensi                          : Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa mampu menjelaskan tentang filosofi dan konseptual kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, metodologi asuhan kebidanan, model dan teori praktek, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan sebagai tenaga professional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan secara internasional, perkembangan karir dan sistem penghargaan bidan.

Pertemuan
Tujuan
Pokok bahasan/sub pokok bahasan
Metode
Waktu
Media
Evaluasi
Daftar pustaka
Pertemuan I
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.    Pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.1  Defenisi bidan
1.2  Filosofi kebidanan
1.3  Pelayanan kebidanan
1.4  Praktik kebidanan
1.5  Asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan II
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan internasional
2.  Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
2.1  Perkembangan di luar negeri
2.2  Perkembangan di dalam negeri

Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan III,
Mahasiswa mampu menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
3.      Paradigma asuhan kebidanan
Pengertian paradigma
3.1. komponen paradigma kebidanan
·         Manusia
·         Lingkungan
·         Kesehatan
·         Kebidanan
3.2.Macam – macam asuhan kebidanan
3.3.Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan IV, V
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
4.     Kebidanan sebagai profesi
·         Profesi bidan
·         Profesionalisme
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan VI
Mahasiswa mampu menjelaskan peran fungsi bidan
5.1    Peran fungsi bidan
5.2 Praktek professional bidan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan VII
MID SEMESTER
Pertemuan VIII, IX
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.     Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1 Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori kebidanan
6.1.1        Reva Rubin
6.1.2        Ramona
6.1.3        Ela joy lehman
6.1.4        Ernestin
6.1.5        Jen ball
6.2Model konseptual asuhan kebidanan 
6.2.1     Midwifery Care
6.2.2     Paradigma sehat
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan X, XI
Mahasiswa mampu menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
7.    Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
7.1Manajemen Kebidanan
7.1.1    konsep dan prisip manajemen pada umumnya
7.1.2      pengertian manajemen kebidanan
7.1.3      langkah- langkah manajemen kebidanan

7.2 Lingkup Praktek  kebidanan

7.2.1      Ruang lingkup  dan sasaran
7.2.2      Lahan praktik pelayanan kebidanan
7.3Pengorganisasian praktek   asuhan kebidanan
  7.3.1    Pelayanan   mandiri
  7.3.2    Kolaborasi
  7.3.3    Rujukan

Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan XII
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan
8.    Sistem penghargaan bagi bidan
8.1  Reward
8.2  Sanksi
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5
Pertemuan XIII, XIV
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
9.1 prinsip pengembangan karir
9.1.1       pendidikan lanjut
9.1.2        job fungsional
9.1.3        prinsip pengembangan karir bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab
9.2  Proses Berubah


9.2.1        Pengertian
9.2.2        Macam- macam perubahan
9.2.3        Ciri-ciri perubahan pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
Hari :
Tgl   :
T      : 2 x 60 menit 
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power point
Tanya jawab
BU 1,2,3,4,5

UJIAN SEMESTER


  SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

Jurusan                        : Program Studi D-III Kebidanan
Mata kuliah                 : Konsep Kebidanan
Kode mata kuliah        : Bd. 401
Beban studi                 : 4 SKS (T : 2 ; P : 2)
Semester                      : 1
Pertemuan ke              : 3
Alokasi waktu             : 20 menit
Standar kompetensi    : Setelah mengikuti pembelajaran mahasiswa mampu menjelaskan pengertian paradigma kebidanan.
Kompentesi dasar       : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu menjelaskan, yaitu:
1.      Defenisi paradigma kebidanan asuhan kebidanan
2.      Komponen paradigma kebidanan
-          Manusia
-          Lingkungan
-          Kesehatan
-          kebidanan
3.      macam-macam asuhan kebidanan
4.      manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan

Indikator                     : Menjelaskan pengertian paradigma asuhan kebidanan
-          defenisi paradigma kebidanan
-          komponen paradigma kebidanan
Ø  manusia
Ø  lingkungan
Ø  kesehatan
Ø  kebidanan
-          macam-macam asuhan kebidanan
-          manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan









Kegiatan Belajar Mengajar:

No
Urutan KBM
Kegiatan
Metode
Media
Alokasi waktu
Sumber bacaan
Sistematika Pembelajaran
Dosen
Mahasiswa
1
Pendahuluan
Deskripsi singkat
·   Mengucapkan salam kepada mahasiswa
·   Meminta kepada mahasiswa untuk mencoba memberikan pendapat mengenai paradigma kebidanan
·  Menjawab
·  Memberikan pendapat dan menyimak
Ceramah

1 menit
BU 1,2,3,4,5
Relevansi
Materi ini berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu menjelaskan perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional. Dan juga berkaitan erat dengan materi yang akan datang yaitu mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi, dimana hal ini sangat penting bagi mahasiswa kebidanan agar dapat memahami konsep profesi bidan sebagai tenaga professional dan sebagai dasar pelaksanaan asuhan kebidanan di lapangan.

Mendengar dan menyimak informasi
Ceramah

1 menit

Tujuan
Menyampaikan kepada mahasiswa bahwa tujuan pembelajaran ini adalah agar mahasiswa dapat mengerti dan mengetahui, tentang paradigma asuhan kebidanan.
Mendengar dan menyimak informasi
Ceramah

1 menit

2
Penyajian
Uraian
Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan, yaitu:
Pengertian paradigma.
·      Komponen paradigma kebidanan, manusia, lingkungan , kesehatan, kebidanan.
·      Macam-macam asuhan kebidanan
·      Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Mendengar, menyimak informasi, dan mencatat









Menanyakan yang belum jelas

Ceramah dan Tanya jawab
LCD, Leptop, Materi power point
10 menit

Latihan
Memberikan pertanyaan kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan.

1.     Jelaskan pengertian paradigma kebidanan?
2.     Sebutkan dan jelaskan komponen paradigma kebidanan?
3.     Sebutkan bentuk asuhan kebidanan?

Menjawab pertanyaan di selembar kertas, dan jawaban dikumpulkan


2 menit

3
Penutup
Kesimpulan
Meminta mahasiswa untuk menyimpulkan materi yang telah dijelaskan yaitu tentang paradigma asuhan kebidanan.

Mengungkapkan kesimpulan
Tanya jawab

2 menit

Umpan balik
Memberikan umpan balik kepada mahasiswa berdasarkan hasil test serta memberi pujian bagi mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, bagi yang belum mampu menjawab tetap bersemangat untuk belajar dan rajin membaca buku yang ada kaitannya dengan materi yang telah disampaikan

Mendengar dan menyimak informasi
Tanya jawab

Diskusi

2 menit

Tindak lanjut
Memberikan tugas tambahan kepada mahasiswa yang belum mencapai kompetensi untuk membaca kembali materi yang telah disampaikan dengan membuat kesimpulan dari materi tersebut dan dikumpul pada pertemuan berikutnya. Bagi mahasiswa yang sudah mencapai kompetensi diberikan pengkayaan untuk menambah wawasan tentang materi yang sudah disampaikan dengan membaca buku yang ada kaitannya dengan materi
Mendengar dan mencatat tugas tambahan
Mendengar dan mencatat

1 menit

Jumlah Waktu
20 menit




1 komentar: