SILABUS
Nama
Institusi :
STIKes Rumah Sakit Haji Medan
Mata Kuliah :
Konsep Kebidanan
Kode Mata kuliah : Bd. 401
Beban Studi : 4 SKS ( T:2, P:2 )
Semester : I ( Satu )
Standar Kompetensi : Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa
mampu menjelaskan tentang filosofi dan konseptual kebidanan,
paradigma asuhan kebidanan, metodologi asuhan kebidanan, model dan teori
praktek, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan sebagai tenaga
professional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan secara internasional,
perkembangan karir dan sistem penghargaan bidan.
Pertemuan
|
Tujuan
|
Pokok
bahasan/sub pokok bahasan
|
Metode
|
Waktu
|
Media
|
Evaluasi
|
Daftar
pustaka
|
Pertemuan I
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian
filosofi dan defenisi bidan
|
1.
Pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.1 Defenisi bidan
1.2 Filosofi
kebidanan
1.3 Pelayanan
kebidanan
1.4 Praktik
kebidanan
1.5 Asuhan
kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan II
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
perkembangan profesi pelayanan dan pendidikan kebidanan secara nasional dan
internasional
|
2. Sejarah perkembangan pelayanan dan
pendidikan kebidanan
2.1 Perkembangan
di luar negeri
2.2 Perkembangan
di dalam negeri
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan III,
|
Mahasiswa mampu menjelaskan paradigma
asuhan kebidanan
|
3. Paradigma
asuhan kebidanan
Pengertian
paradigma
3.1. komponen paradigma kebidanan
·
Manusia
·
Lingkungan
·
Kesehatan
·
Kebidanan
3.2.Macam – macam asuhan kebidanan
3.3.Manfaat paradigma dikaitkan
dengan asuhan kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan IV, V
|
Mahasiswa mampu mengidentifikasi
kebidanan sebagai profesi
|
4.
Kebidanan sebagai profesi
·
Profesi bidan
·
Profesionalisme
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan VI
|
Mahasiswa mampu menjelaskan peran
fungsi bidan
|
5.1 Peran fungsi bidan
5.2
Praktek professional bidan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan VII
|
MID
SEMESTER
|
||||||
Pertemuan VIII, IX
|
Mahasiswa mampu menjelaskan teori dan
model konseptual asuhan kebidanan
|
6.
Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1 Dasar
pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori kebidanan
6.1.1
Reva Rubin
6.1.2
Ramona
6.1.3
Ela joy lehman
6.1.4
Ernestin
6.1.5
Jen ball
6.2Model konseptual asuhan kebidanan
6.2.1 Midwifery Care
6.2.2 Paradigma sehat
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan X, XI
|
Mahasiswa mampu menggunakan konsep
kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
|
7.
Konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
7.1Manajemen
Kebidanan
7.1.1 konsep dan prisip manajemen pada umumnya
7.1.2 pengertian manajemen kebidanan
7.1.3 langkah- langkah manajemen kebidanan
7.2
Lingkup Praktek kebidanan
7.2.1 Ruang lingkup dan sasaran
7.2.2 Lahan praktik pelayanan kebidanan
7.3Pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
7.3.1
Pelayanan mandiri
7.3.2
Kolaborasi
7.3.3
Rujukan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan XII
|
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem
penghargaan bagi bidan
|
8.
Sistem penghargaan bagi bidan
8.1 Reward
8.2 Sanksi
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
Pertemuan XIII, XIV
|
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip
pengembangan karir bidan
|
9.1 prinsip
pengembangan karir
9.1.1 pendidikan
lanjut
9.1.2
job fungsional
9.1.3
prinsip pengembangan karir bidan dikaitkan dengan
peran, fungsi, dan tanggung jawab
9.2 Proses Berubah
9.2.1
Pengertian
9.2.2
Macam- macam perubahan
9.2.3
Ciri-ciri perubahan pemasaran sosial jasa asuhan
kebidanan
|
Ceramah
Diskusi
Tanya jawab
|
Hari :
Tgl
:
T
: 2 x 60 menit
|
LCD/Laptop, bahan ajar, materi power
point
|
Tanya jawab
|
BU 1,2,3,4,5
|
UJIAN
SEMESTER
|
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Jurusan : Program Studi D-III
Kebidanan
Mata kuliah : Konsep Kebidanan
Kode mata kuliah : Bd. 401
Beban studi : 4 SKS (T : 2 ; P : 2)
Semester : 1
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 20 menit
Standar kompetensi : Setelah mengikuti pembelajaran mahasiswa
mampu menjelaskan pengertian paradigma kebidanan.
Kompentesi dasar : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu menjelaskan, yaitu:
1.
Defenisi
paradigma kebidanan asuhan kebidanan
2.
Komponen
paradigma kebidanan
-
Manusia
-
Lingkungan
-
Kesehatan
-
kebidanan
3.
macam-macam
asuhan kebidanan
4.
manfaat
paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Indikator : Menjelaskan pengertian
paradigma asuhan kebidanan
-
defenisi
paradigma kebidanan
-
komponen
paradigma kebidanan
Ø
manusia
Ø
lingkungan
Ø
kesehatan
Ø
kebidanan
-
macam-macam
asuhan kebidanan
-
manfaat
paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Kegiatan
Belajar Mengajar:
No
|
Urutan
KBM
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
bacaan
|
||
Sistematika
Pembelajaran
|
Dosen
|
Mahasiswa
|
||||||
1
|
Pendahuluan
|
Deskripsi
singkat
|
· Mengucapkan
salam kepada mahasiswa
· Meminta kepada
mahasiswa untuk mencoba memberikan pendapat mengenai paradigma kebidanan
|
· Menjawab
· Memberikan
pendapat dan menyimak
|
Ceramah
|
|
1
menit
|
BU
1,2,3,4,5
|
Relevansi
|
Materi
ini berkaitan dengan materi sebelumnya yaitu menjelaskan perkembangan profesi
pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional. Dan juga
berkaitan erat dengan materi yang akan datang yaitu mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi, dimana hal ini sangat penting
bagi mahasiswa kebidanan agar dapat memahami konsep profesi bidan sebagai
tenaga professional dan sebagai dasar pelaksanaan asuhan kebidanan di
lapangan.
|
Mendengar
dan menyimak informasi
|
Ceramah
|
|
1
menit
|
|
||
Tujuan
|
Menyampaikan
kepada mahasiswa bahwa tujuan pembelajaran ini adalah agar mahasiswa dapat
mengerti dan mengetahui, tentang paradigma asuhan
kebidanan.
|
Mendengar
dan menyimak informasi
|
Ceramah
|
|
1
menit
|
|
||
2
|
Penyajian
|
Uraian
|
Menjelaskan
paradigma asuhan kebidanan, yaitu:
Pengertian paradigma.
· Komponen paradigma kebidanan, manusia, lingkungan ,
kesehatan, kebidanan.
· Macam-macam asuhan kebidanan
· Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
|
Mendengar,
menyimak informasi, dan mencatat
Menanyakan
yang belum jelas
|
Ceramah
dan Tanya jawab
|
LCD,
Leptop, Materi power point
|
10
menit
|
|
Latihan
|
Memberikan
pertanyaan kepada mahasiswa tentang materi yang telah disampaikan.
1.
Jelaskan
pengertian paradigma kebidanan?
2.
Sebutkan dan
jelaskan komponen paradigma kebidanan?
3.
Sebutkan bentuk
asuhan kebidanan?
|
Menjawab
pertanyaan di selembar kertas, dan jawaban dikumpulkan
|
|
|
2
menit
|
|
||
3
|
Penutup
|
Kesimpulan
|
Meminta
mahasiswa untuk menyimpulkan materi yang telah dijelaskan yaitu tentang paradigma asuhan kebidanan.
|
Mengungkapkan
kesimpulan
|
Tanya
jawab
|
|
2
menit
|
|
Umpan
balik
|
Memberikan
umpan balik kepada mahasiswa berdasarkan hasil test serta memberi pujian bagi
mahasiswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, bagi yang belum mampu
menjawab tetap bersemangat untuk belajar dan rajin membaca buku yang ada
kaitannya dengan materi yang telah disampaikan
|
Mendengar
dan menyimak informasi
|
Tanya
jawab
Diskusi
|
|
2
menit
|
|
||
Tindak
lanjut
|
Memberikan
tugas tambahan kepada mahasiswa yang belum mencapai kompetensi untuk membaca
kembali materi yang telah disampaikan dengan membuat kesimpulan dari materi
tersebut dan dikumpul pada pertemuan berikutnya. Bagi mahasiswa yang sudah
mencapai kompetensi diberikan pengkayaan untuk menambah wawasan tentang
materi yang sudah disampaikan dengan membaca buku yang ada kaitannya dengan
materi
|
Mendengar
dan mencatat tugas tambahan
|
Mendengar
dan mencatat
|
|
1
menit
|
|
||
Jumlah Waktu
|
20
menit
|
|
kak yunita bagus postingnya..
BalasHapus